Thursday, April 21, 2011

Anggota Paskibraka Yang Dilecehkan Menjalani Pemulihan Jiwa

Indonesia' Jakarta - Diharapkan dengan program pemulihan ini, mental dan rasa percaya diri mereka bangkit lagi.
Anggota Paskibraka DKI Jakarta yang mengalami pelecehan seksual menjalani pemulihan kejiwaan. Pada pelaksanaan pelatihan program Orientasi Kepaskibrakaan (OK) mereka juga mengalami kekerasan fisik.

Program pemulihan kejiwaan ini merupakan bagian dari butir kesepakatan antara orangtua dan Dinas Olahraga dan Pemuda, serta Paskibra DKI Jakarta.

Diharapkan dengan program pemulihan ini, mereka memiliki mental dan rasa percaya diri yang tinggi. "Harus ada recovery agar mereka tidak mereka tidak memiliki rasa takut dan malu," ujar Psikolog International Thinking dan Training Consultancy, Agus Sunaryo, Sabtu 21 Agustus 2010. Sebelumnya, sejumlah orangtua korban meminta agar pelaksana program pelatihan diberi sanksi tegas. Mereka juga menuntut untuk bertemu dengan pelaku pelecehan seksual.

Bila ke depan ada hal yang merugikan seperti intimidasi, ataupun beredarnya dokumentasi atau yang lainnya, maka orangtua akan menempuh proses hukum. "Akan ada proses hukum bila timbul dampak lain dari kejadian di Cibubur," ujar salah satu orangtua bernama Laurent. Sekadar diketahui, Paskibraka Pemprov DKI mengalami pelecehan saat pelatihan di Cibubur. Paskibraka wanita disuruh telanjang oleh seniornya. (umi) VIVAnews